Minggu, 16 Desember 2012

10 keunikan windows 8

Add caption
             

KOMPAS.com
 - Presiden Divisi Windows Microsoft, Steven Sinofsky, memperkenalkan Windows 8 dalam konferensi BUILD di Anaheim, California, AS, Selasa (13/9/2011). Sinofsky menyebut software versi terbaru ini sebagai "reimagining Windows" karena tampil seperti bener-benar baru dibandingkan versi-versi Windows sebelumnya.
Ada banyak hal baru yang ditemui di Windows 8 dan belum ada di versi Windows sebelumnya. Berikut daftar 10 yang paling baru yang perlu Anda ketahui di Windows 8:
1. Metro
Dengan Windows 8, era explorer yang menyusun semua dalam bentuk folder berakhir. Dekstop tetap masih ada, namun didesain ulang dengan rancangan yang lebih simpel dan langsung menyediakan akses kepada pengguna ke berbagai aplikasi yang dimilikinya. Desain desktop baru yang diberi nama Metro ini berisi update informasi mulai dari tanggal, agenda, email, posting di jejaring sosial, serta semua aplikasi yang ada.
"Windows 8 memperkenalkan gaya interface baru disebut Metro yang dibangun untuk perangkat layar sentuh, yang menunjukkan informasi penting, mendukung simplicity dan memberi Anda kontrol," Kata Sinofsky seperti dikutip International Business Times hari ini (14/9/2011).
Desain Metro ini sebenarnya bukan hal baru. Microsoft sudah memperkenalkannya di Windows Phone 7 untuk smartphone. Namun, untuk Wiondows di PC dan tablet, ini pertama kalinya.
2. Internet Explorer 10
Berdasarkan keterangan Sinofsky dalam konferensi kemarin, IE 10 akan memungkinkan pengguna melakukan pencarian baik data di dekstop maupun web lewat mesin pencari Microsoft Bing. Pengguna juga bisa menggunakan virtual "thumb" dan soft keyboard untuk melakukan aktivitas pencarian tersebut. 
Di luar sebagai browser, IE 10 juga akan berperan banyak di Metro UI. Pengguna bisa berlancar di internet dengan versi ringan IE 10. Metro IE 10, demikian versi itu disebut, memungkinkan pengguna mengakses situs yang sering dikunjungi.
Metro IE10 juga memiliki address bar dan set perintah di bagian bawah serta tab di bagian atas. Metro IE 10 juag mendukung privat tab jika pengguna ingin menjalankan fitur InPrivate pada browser. "Draw Mode" akan membantu pengguna melakukan draw di layar sementara "enhance magnifier" membantu pengguna memperbesar bagian layar tertentu saja.
3. Modifikasi Task Manager dan Control Panel
Windows 8 juga memiliki Task Manager yang telah dikembangkan, dimana aplikasi akan di-list secara independen sehingga pengguna bisa melihat statistik, seperti penggunaan CPU, memori serta kinerja aplikasi.
Control Panel di Windows 8 juga dimodifikasi. Control Panel jadi memiliki interface seinsitif dengan daftar kategori di sebelah kiri dan pilihan kategori di sebelah kanan. Pengguna bisa melakukan personalisasi lock screen.
4. Refresh dan Reset
Fungsi Refresh memungkinkan pengguna untuk mengetes dan membandingkan set up sistem lama dan baru dengan bantuan fitur baru disebut Windows Assesment Console. Pengguna juga bisa melihat dampak dari set up software terhadap kinerja hardware. Refresh bisa dilakukan tanpa mempengaruhi file.
"Reset" memungkinkan pengguna mengembalikan PC ke setting perusahaan. Pengguna bisa menghapus program yang telah di-install namun tetap mempertahankan akun pengguna dan file personal.
5. Prosesor ARM Selain mendukung arsitektur chip x86 dari Intel dan AMD, Windows 8 juga bisa bekerja pada perangkat dengan prosesor berbasis ARM. Misalnya prosesor Nvidia Tegra, Snapragon dari Qualcomm, dan OMAP dari Texas Instrument.
6. Booting super cepat Waktru booting Window 8 super cepat, hampir mengalahkan waktu yang dibutuhkan oleh monitor untuk menyala.
7. Windows 8 Apps Store
Fitur ini tak mengejutkan sebab sejak booming-nya Apple Store, banyak pihak mencoba membuat apps store serupa. Adanya fitur ini akan menambah senjata Microsoft untuk melawan Apple. Windows 8 Apps Store memberikan insentif bagi pengembang yang membuat aplikasi Metro untuk Microsoft. Pengguna akan bisa menggunakan Win32 dan Metro Apps untuk melakukannya.
8. Dukungan Teknologi NFC
Teknologi NFC pada Windows 8 telah dipamerkan dalam konferensi BUILD kemarin. Dengan menggunakan kartu nama yang mendukung NFC, pengguna bisa mengambil alamat web pada kartu nama itu dengan menggunakan tablet lewat langkah sederhana, mengarahkan sudut tablet pada kartu nama itu serta mengambil seluruh notifikasinya.
9. Hyper V Virtualization Technology
Hyper V memungkinkan developer untuk mempertahankan mulyiple test environment dan menyediakan mekanisme sederhana untuk berpindah dari lingkungan tersebut tanpa biaya tambahan hardware.
10. Sistem Keamanan Sejak "Booting"
Windows 8 menjanjikan keamanan sejak menyalakan komputer, sebelumnya telah dibahas di artikel.

Membuat Game Balapan

            "siapa yang suka bermain game????...." hayo,pada nunjuk tangan semua  , nah sekarang gimana kalau kita mencoba belajar membuat game sederhana menggunakan software adobe9/macromedia8 yaitu flash dengan sedikit sentuhan action scripts
  [0.JPG]
Langkah 1 : Document Baru & Gambar Latar Belakang
               Coba anda buat sebuah document baru dengan ukuran default yaitu 550x450. Gunakan beberapa perangkat gambar seperti Rectangle tool atau oval tool dll untuk membuat latar belakar awan atau sekedar arsiran-arsiran hembusan angin. Kuncilayer yang digunakan sebagai layer tempat meletakkan background ini, biar lebih mudah beri nama saja layernya 'backgroud' dengan click2 kali pada nama layer yang bersangkutan lalu kunci layer tersebut.

 [1.JPG] 

Langkah 2 : Menyiapkan Simbol 'Pesawat'         Nah.., Simbol movie clip adalah obyek utama dalam game ini. Apapun karakternya jagoan, penjahat, peluru, point, atau objek apapun umumnya dibuat dalam format movie clip. Dalam tutorial singkat ini hanya menggunakan satu simbol, yaitu 'pesawat'. Pilih insert -> New Symbol , untuk membuat simbol baru, dan pilih tipe movie clip. Gambar sembarang pesawat menggunakan brush tool/pencil tool atau bisa juga tool gambar lain bila anda sudah merasa mampu membuat gambar yang baik. Yakinkan bahwa ukurannya kurang lebih 100x70 pixel.
 [2.JPG]

Langkah 3 : Atur Posisi Instance movie clip 'Pesawat'
                 Sekarang buatlah layer baru. Tarik atau drag simbol 'pesawat' dari panel library(ctrl+L) sebanyak 3 kali dan semua itu diletakkan pada layer baru. Dengan melakukan hal tersebut, game ini sudah mempunyai 3 instance movie clip. Pilih instance movie clip tersebut dan buka panel properties. Beri nama masing-masing movie clip itu dengan nama 'pesawat1', 'pesawat2', dan 'pesawat3' pada kolom instance name, jangan memakai huruf besar atau spasi anda dapat menggantinya dengan underscore( _ ) :D. ubah nama warna tampilan masing-masing instance dengan memilih color, lalu tint/advance. Klik kotak warna yang muncul sesuaikan dengan kebutuhan anda.


 [3.JPG]

Langkah 4 : Menambah Text Field
                   Tambahkan lagi sebuah layer baru. menggunakan teks tool, buatlah text field pada layer ini. Ubah tipenya menjadi dynamic text. Isi kolom var di panel properties dengan display. Pada teks field inilah kita dapat menuliskan informasi dinamis kepada pemain.

Langkah 5 : Memulai ActionScript
                   Sudah saat dari tutorial ini menggunakan action script, mudah-mudahan sampean-sampean masih bisa mengikuti tutorial ini dengan baik dan jelas :) . Buatlah sebuah layer baru dan beri nama layer 'action'. Tekan F9 untuk menampilkan window action panel. Pada game ini scriptnya hanya dibuat pada 1 frame biar tidak bingung dan berserakan di mana-mana. Penulisan pada frame adalah cara yang dianjurkan oleh pengembang flash demi mempermudah programing, dan menghindari kesalahan yang tidak perlu. Oke pada awal ketik :
stop()


[4.JPG]
Langkah 6 : Deklarasi inisial properti tambahan.
Selain memiliki properti bawaan, anda juga bisa menambahkan properti lain untuk movie clip. Caranya yaitu dengan langsung menambahkan properti dengan format "NamaMovieClip.NamaProperti". Tambahkan kode berikut setelah fungsi stop();

pesawat1.startx=pesawat1._x;
pesawat2.startx=pesawat2._x;
pesawat3.startx=pesawat3._x;

pesawat1.finishx=pesawat1._x+380;
pesawat2.finishx=pesawat2._x+380;
pesawat3.finishx=pesawat3._x+380;

pesawat1.cutename="merah";
pesawat2.cutename="coklat";
pesawat3.cutename="hijau";


Langkah 7 : Membuat variabel dengan tipe data.
Sejak rilis versi MX 2004, Action script mengenal penulisan script yang detail, artinya menggunakan tipe data dalam inisialisasinya. Bagan penulisannya sbb :

var NamaVariabel:TipeVariabel=NilaiAwal.

Tambahkan lagi pada akhir script kode berikut :

var the_state:Number=0;

variabel ini nantinya akan menampung kondisi game, apakah sedang siap-siap, atau tengah berjalan.

Langkah 8 : Event Halder untuk Keydown
Obyek_root, adalah movie_clip paling utama dari setiap unsur kreativitas dalam pemanfaatan flash yang tidak secara instan dapat mengenal setiap aksi dari dari keyboard. Untuk itu, kita menggunakan obyek key. Kode di bawah untuk membuat obyek_root siap menanggulangi setiap aksi dari keyboard :

key.addListener(_root);

Setiap itu, tambahkan kode yang bekerja saat tombol SPACE pada keyboard ditekan :

_root.onKeyDown=function(){
if(key.isDown(Key.SPACE)){
if (the_state==0){
trace("Laksanakan fungsi doStartRace");//baris ini bisa dibuang
doStartRace();
the_state=1;
return;
}
if (the_state==1){
trace("Laksanakan fungsi doStart Pos");//baris ini bisa dibuang
doStartPos();
the_state=0;
}
}
};


Cobalah tes movie. Output Panel seharusnya muncul. Hal ini akibat fungsi trace() yang kita tambahkan. Jika semuanya sudah bekerja, baris berisi fungsi tersebut tersebut dapat dibuang.

Langkah 9 : Menuliskan fungsi buatan untuk doStartRace()
Pada penanganan event keyboard terdapat fungsi doStartRace() yang bukan bawaan flash, melainkan fungsi buatan yang bertugas untuk menjalankan game. Lengkapnya fungsi tersebut adalah ;

var doStartRace=function():Void{
pesawat1.onEnterFrame=
pesawat2.onEnterFrame=
pesawat3.onEnterFrame=function(){
this._x+=Math.random()*10;
if (this._x>=this.finishx){
doStopRace(this.cutename+"Adalah Pemenangnya");
}
};
display="";
};


Pada fungsi inilah kita menggunakan method Math.random() untuk mendapatkan fungsi nilai acak. Method inilah yang sering menjadi sahabat para game maker untuk membuat keputusan yang tidak dapat dikira oleh pemain.

Langkah 10 : Fungsi doStopRace() dan doStartPos()
Dua fungsi buatan lainnya adalah doStopRace() dan doStartPos() yang memberi perintah menghentikan game saat salah satu dari pesawat mencapai finish, dan mengembalikan game ke posisi semula. Fungsi tersebut adalah ;

var doStopRace=function(txt):Void {
display=txt;
delete pesawat1.onEnterFrame;
delete pesawat2.onEnterFrame;
delete pesawat3.onEnterFrame;
};

var doStartPos=function():Void {
doStopRace("Tekan SPACE untuk memulai Balapan");
pesawat1._x=pesawat1.startx;
pesawat2._x=pesawat1.startx;
pesawat3._x=pesawat1.startx;
};


Nah... Sekarang coba deh compile program game yang udah kamu buat (ctrl+Enter). Cara kerja game Balapan Pesawat ini sangat sederhana. Coba tekan tombol SPACE, maka pesawat-pesawat akan terbang berlomba mencapai finih, atau posisi_x pesawat melewati properti finishx. Oiya ... jangan lupa kasih judulnya ya pada bagian atas stage :).


Note :
Script ini ditulis dengan bahasa ActionScript 2.0. Bisa saja anda menemukan banyak perbedaan cara penulisan pada buku-buku maupun artikel atau tutorial lainnya. Jangan Pusing :), script dalam versi 1.0 dan 2.0 masih dapat digunakan pada flash 8 (dengan sedikit sekali pengecualian).

E-Learning

            Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan. untuk contoh adalah sistem pembelajaran secara electronik yang telah dilakukan oleh Univeritas Bina Darma palembang. 

       Istilah e-Learning 2.0 digunakan untuk merujuk kepada cara pandang baru terhadap pembelajaran elektronik yang terinspirasi oleh munculnya teknologi Web 2.0. Sistem konvensional pembelajaran elektronik biasanya berbasis pada paket pelajaran yang disampaikan kepada siswa dengan menggunakan teknologi Internet (biasanya melalui LMS). Peran siswa dalam pembelajaran terdiri dari pembacaan dan mempersiapkan tugas. Kemudian tugas dievaluasi oleh guru. Sebaliknya, e-learning 2.0 memiliki penekanan pada pembelajaran yang bersifat sosial dan penggunaan perangkat lunak sosial (social networking) seperti blog, wiki, podcast dan Second Life. Fenomena ini juga telah disebut sebagai Long Tail learning.
Selain itu juga, E-learning 2.0 erat hubungannya dengan Web 2.0, social networking (Jejaring Sosial) dan Personal Learning Environments (PLE).

Kekurangan dan kelebihan elearning


       Seperti Sebagaimana yang disebutkan di atas, e-learning telah mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis. E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi, peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

           Dalam e-learning, faktor kehadiran guru atau pengajar otomatis menjadi berkurang atau bahkan tidak ada. Hal ini disebabkan karena yang mengambil peran guru adalah komputer dan panduan-panduan elektronik yang dirancang oleh "contents writer", designer e-learning dan pemrogram komputer.
Dengan adanya e-learning para guru/dosen/instruktur akan lebih mudah :
  1. melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir.
  2. mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
  3. mengontrol kegiatan belajar peserta didik.
        Kehadiran guru/dosen sebagai makhluk yang hidup yang dapat berinteraksi secara langsung dengan para murid telah menghilang dari ruang-ruang elektronik e-learning ini. Inilah yang menjadi ciri khas dari kekurangan e-learning yang tidak bagus. Sebagaimana asal kata dari e-learning yang terdiri dari e (elektronik) dan learning (belajar), maka sistem ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.
 
Sejarah E-Learning

E-pembelajaran atau pembelajaran elektronik pertama kali diperkenalkan oleh universitas Illinois di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis komputer (computer-assisted instruction ) dan komputer bernama PLATO. Sejak itu, perkembangan E-learning dari masa ke masa adalah sebagai berikut:
  1. Tahun 1990 : Era CBT (Computer-Based Training) di mana mulai bermunculan aplikasi e-learning yang berjalan dalam PC standlone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (Video dan AUDIO) DALAM FORMAT mov, mpeg-1, atau avi.
  2. Tahun 1994 : Seiring dengan diterimanya CBT oleh masyarakat sejak tahun 1994 CBT muncul dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara massal.
  3. Tahun 1997 : LMS (Learning Management System). Seiring dengan perkembangan teknologi internet, masyarakat di dunia mulai terkoneksi dengan internet. Kebutuhan akan informasi yang dapat diperoleh dengan cepat mulai dirasakan sebagai kebutuhan mutlak , dan jarak serta lokasi bukanlah halangan lagi. Dari sinilah muncul LMS. Perkembangan LMS yang makin pesat membuat pemikiran baru untuk mengatasi masalah interoperability antar LMS yang satu dengan lainnya secara standar. Bentuk standar yang muncul misalnya standar yang dikeluarkan oleh AICC (Airline Industry CBT Commettee), IMS, SCORM, IEEE LOM, ARIADNE, dsb.
  4.  Tahun 1999 sebagai tahun Aplikasi E-learning berbasis Web. Perkembangan LMS menuju aplikasi e-learning berbasis Web berkembang secara total, baik untuk pembelajar (learner) maupun administrasi belajar mengajarnya. LMS mulai digabungkan dengan situs-situs informasi, majalah, dan surat kabar. Isinya juga semakin kaya dengan perpaduan multimedia , video streaming, serta penampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data yang lebih standar, dan berukuran kecil.